The Skincare

Seperti yang kalian tau saya adalah si makeup junkie. Saya rajin banget buat beli makeup sampai dua tahun yang lalu, saya mulai concern dengan yang namanya skin care. Saya pernah baca di suatu blog ( asli saya lupa baca di blog siapa ) bahwa merawat kulit muka itu  lebih penting banget, apalagi kulit muka basic dari kita makeup an, jadi kalo basic nya aja udah ngga di rawat gimana mau dapatin hasil makeup yang bagus, kira-kira begitulah yang pernah saya baca. Saya termasuk yang kurang perhatian dalam merawat muka saya tapi dari jaman smp saya udah merawat muka saya dengan moisturizer yang ber spf dan sabun muka tentunya, tapi cuma sebatas itu doang sih dan itu saya lakukan sampai usia saya almost 30. Sekali-kali saya maskeran dan sayangnya tidak rutin saya lakukan sebulan sekali tapi tepatnya kalo lagi sempat dan ngerasa kulit kusam aja saya maskeran, melakukan facial 6 bulan atau malah 1 tahun sekali ketika umur saya di 25 tahunan ke atas, dan tidak pernah pake yang namanya krim malam, cuma sebatas toner aja yang saya lakukan. Menurut saya saat itu kulit saya termasuk bukan berjerawat dan saya berpikir kulit muka saya ngga ada masalah sama sekali, padahal kulit muka saya termasuk banyak komedo dan pori-pori yang lumayan besar. Jenis kulit muka saya adalah oily dan sensitive.

Ketika saya di umur 20 an, saya ngga pernah kepikiran buat merawat kulit muka saya ke dokter muka, hal yang sudah dari dulu kakak saya lakukan. Mungkin di awal umur 20 an kakak saya sudah rajin merawat muka dengan ke dokter muka sedangkan saya cuma mengamati tapi tidak buat saya tertarik. Semakin liat kakak saya yang rajin merawat dan mencoba dokter muka yang bagus-bagus, semakin saya tidak tertarik karena saya melihat jadi kayak ke tergantungan dengan krim mukanya yang ngga tau bahan apa aja yang terkandung di dalamnya. Saya masih berpikiran cukup puas dengan kulit muka saya karena tidak pernah bermasalah sama sekali. Sampai di awal umur 30 an ( okeh....age is just number right?? hahahahahha ), saya terkena DBD dan mesti di infus dan salah satu jenis infus nya ( saya lupa namanya apa, yang pasti infus vitamin sih ) ternyata membuat muka saya berjerawat parah ( jerawat batu lebih tepatnya ). Shock berat saya dengan kondisi kulit muka saya dan stress juga karena dalam waktu 6 bulan lagi saya akan menikah saat itu. Saya juga termasuk yang ngga betah kalo ada jerawat di muka, bawaannya pasti saya pencet padahal itu hal yang paling di larang ketika kita berjerawat dan yang di larang juga adalah melakukan facial, padahal ketika berjerawat saya malah sering melakukan facial karena saya berpikir bisa mengurangi jerawatnya. Intinya saat itu adalah kondisi kulit muka saya yang terparah dan sampai akhirnya saya menyerah, dengan berat hati saya memutuskan ke dokter muka juga untuk menyelesaikan masalah saya ( di kejar waktu karena udah mau nikah ). Setelah googling dan baca review orang-orang di forum akhirnya saya memutuskan ke dokter kun ( pada jaman saya bisa di kategorikan udah ramai banget yah tapi ngga separah kayak sekarang sih ), selama 4 bulan perawatan intensif akhirnya bisa kembali normal even masih ada bekas jerawatnya. Tipe kulit muka saya bekas jerawat itu ngga buat berlubang tapi lebih berbekas coklat yang lama hilangnya. Sampai hari H saya menikah warna bekas jerawatnya memudar dan setelah menikah saya masih meneruskan memakai krim dari si dokter kun selama 4 bulan setelah itu saya bener-bener stop tidak memakai produk nya lagi dan tidak balik-balik lagi. Alasannya adalah saya tidak mau kulit muka saya tergantung dengan produk-produk dokter karena saya merasakan kulit muka saya jadi tergantung, kedua adalah setiap saya kepanasan saya lebih ngerasain kulit muka saya jadi gampang berkeringat dan lebih gampang merah kayak kepiting rebus dan saya paling ngga suka muka saya merah seperti itu. Setelah benar-benar stop dari produknya si dokter, udah pasti kulit muka saya beradaptasi dan untungnya ngga ngebuat kulit muka saya berjerawat parah kayak waktu sebelumnya, hanya jerawat kecil kayak bruntusan yang ngga terlalu banyak aja dan itu berlangsung 3 bulanan yah setelah itu kulit muka saya pelan-pelan kembali ke normal, ke jaman saya belum jerawatan. Banyak orang bilang perawatan di dokter muka jauh lebih murah ketimbang beli merk produk yang bagus, saya akuin ada benernya tapi saya tetap berpikiran saya ngga tau kandungan apa yang ada di krim-krim tersebut, kalo pun si dokter sudah menjelaskan kandungannya tetap aja ngga ada di labelnya si krim jadi saya agak meragukan sih dan yang pasti kandungannya itu bakal aman ngga sih buat kedepannya. Itu saya loh tapi bebas kok buat yang masih nyaman dan cocok dengan perawatan dokter karena sampai detik ini perawatan muka kakak saya masih dengan dokter yang dia percaya kok.

Positive nya ke dokter muka saya jadi lebih paham soal ngerawat kulit muka saya, lebih aware dan jadi tahu apa yang di butuhin buat kulit muka saya. Lebih banyak cari tahu produk-produk yang bagus buat kulit muka saya sampai termasuk baca review orang dan blog orang dalam hal skincare yang akhirnya ketemu tulisan yang di atas itu. Semakin saya aware dengan skincare, semakin saya banyak googling soal produk-produk yang bagus dan sampai saya menemukan soal paraben free ( selain lewat tulisan, sepupu saya pernah memberi tahu soal paraben free ini ) plus kandungan chemical apa aja yang ngga bagus di dalam produk skincare maupun cosmetics. Sebenarnya belum terbukti banget sih apakah produk yang ada kandungan paraben or chemical lainnya ( saya lupa nama chemical yang bahaya itu, silakan di googling aja yah dan maafkan saya yang banyak lupanya ini, hehehehehe ) itu benar-benar pemicu kanker apa bukan. Yah lebih baik jaga-jaga bukan, lagi pula produk-produk skincare keluaran eropa dan amerika udah hampir sebagaian paraben free kok. Saya ngga mau bahas soal si paraben free dan chemical yang ngga bagus itu sih, intinya karena dari pada saya salah memberi informasi lebih baik cari tahu ke mbah google yah ( karena mbah google selalu tau apa aja, hihihihihi ) soal bahayanya si chemical dan terutama si paraben. Dari setahun lalupun produk skincare saya kalo bisa paraben free dan setiap saya beli produk, saya selalu baca isi kandungannya apakah paraben free dan kandungannya aman atau tidak trus kandungan apa aja yang cocok buat jenis kulit saya. Saya jadi semakin aware ketika beli produk sih, udah pasti saya bakal cari tahu dan baca isi kandungan produk yang akan saya beli, hal yang dari dulu ngga pernah saya lakuin.  Dan ngga semua produk skincare saya organic kok or vegan, buat saya selama paraben free dan reviewnya bagus dan harga sesuai budget saya pasti saya beli.

Banyak produk yang paraben free, organic or vegan yang harga nya buat kita mikir pengen beli atau malah ngga punya budget semahal itu even mungkin itu produk terbukti bagus banget yah. Saya termasuk salah satu orang yang membudgetkan produk skincare saya tidak mahal-mahal banget dan mencari produk yang paraben free ngga pake mahal itu susah-susah gampang sih, sampai detik ini saya masih tahap mencari sesuai budget saya dan tahap coba plus cocok ngga di kulit muka saya secara kulit muka saya sensitive. Inilah produk skincare saya saat ini yang sesuai budget saya :


So far produk-produk ini cukup memuaskan saya dan cocok di kulit muka saya tapi ada juga yang ngga cocok untuk kulit muka saya seperti si Burt's Bees, ngga cuma si deep cleansing creamnya yang ngga cocok tapi si night creamnya juga ngga cocok buat kulit muka saya. Kalo saya pake berbarengan 2 produk Burt's Bees pasti besokannya bakal numbuh jerawat, di pakai terpisah juga sama aja kecuali di pakai bukan tiap hari dan tidak bersamaan baru saya merasa mendingan di kulit muka saya. Si wild cosmetics yang vitamin C facial creme dan rosehip facial serum merupakan favorite saya, produk ini termasuk kategori organic or vegan dan saya beli waktu itu di Luxola. Udah pasti saya akan beli lagi si produk wild ini selain bagus harganya termasuk sesuai budget saya. First Aid Beauty juga termasuk bagus buat saya, saya beli waktu berkunjung ke singapore dan saya ingin mencoba beberapa produk andalan si first aid beauty ini, untuk soal harga mungkin agak over budget saya tapi ngga pake banget. Sedangkan review saya soal Cosmedica serum ini buat kulit muka saya cukup memuaskan tapi ngga buat kulit muka saya merasa wow, saya masih mikir-mikir lagi buat beli serum ini, buat harganya si Cosmedica sekitar $20 an deh. Saya beli produk Cosmedica ini di amazon dan di kirim ke kakak iparnya kakak saya yang kebetulan tinggal di amerika dan di titipin ke kerabat yang bakal balik ke indonesia ( ribet yah, hehehehehhe... ), kalo si Burt's Bees saya titip kakak saya ketika kakak saya berkunjung ke negara paman sam awal tahun ini dan kalo ngga salah si night cream buat sensitive nya Burt's Bees ada kok di sephora singapore termasuk Caudalie toner yang saya beli juga di sephora singapore. Review buat Caudalie toner ini bagus dan memuaskan sih dan belum ketemu toner model si Caudalie ini, untuk saat ini saya masih akan beli si Caudalie sambil mencari dan mencoba yang lain. Produk yang belum saya temukan paraben free, bagus dan sesuai budget adalah  sunscreen atau sunblock, untuk produk ini saya masih tahap mencari.

Saya masih dalam tahap pencarian soal skincare, masih pengen mencoba yang bener-bener cocok buat jenis kulit muka saya dan yang pasti hasilnya bener-bener yang bisa buat kulit muka saya lebih baik lagi sih karena saya mulai menyadari semakin tambah umur, semakin kulit pori-pori muka saya membesar dan saya butuh produk yang mengecilkannya. Yang pasti saya berusaha mencari produk yang paraben free, even mungkin produk makeup saya belum bisa yang paraben free ( mahal bokkk cosmetics yang paraben free, hehehehehhehe ) tapi saya lagi usaha menabung beli yang paraben free dan saya juga masih belum terlalu tau banyak produk cosmetics mana aja yang udah paraben free selain merk Tarte, oh iya selain produk wajah, produk kayak body lotion, shampoo, deodorant, sabun mandi pun saya usahakan yang paraben free dan sayangnya saya belum menemukan produk shampoo yang cocok buat saya. Yang udah pasti sih daftar wishlist saya jadi makin panjang buat urusan si skincare plus cosmetics dan semakin rajin nabung biar kebeli produk-produk di wishlist saya yang saya butuhin untuk kulit muka saya saat ini. Btw di eropa dan di amerika wanita yang sedang mengandung rata-rata memakai produk yang paraben free ketika masa kehamilan, sayangnya saya belum mencari tau kenapanya sih jadi saran saya coba deh sekali lagi tanya ke mbah google.....hehehehehhe. Kalo kita aware soal asupan makan yang sehat buat badan kita dan ngejalanin pola hidup sehat, apa salahnya mencoba produk yang aman buat kulit kita juga kan ;)

Comments

Popular Posts